Monday, May 3, 2010

LOMBA PHOTO MANTAB JAYA

Saya telah membangun brand berkarakter lalu saya membentuk pasar komunitas sedangkan Vinka mencoba memelihara dan mengembangkannya. Kami benar-benar berusaha ingin lebih dekat dengan anggota komunitas Suro Boyo dan melibatkan mereka dalam kegiatan kami tidak sekedar mendownload film lewat youtube. Kami ingin mereka benar-benar mengenal kami , bertemu, saling menyapa dan tidak hanya tahu lewat internet. Kami ingin mereka benar-benar merasa dekat dengan karakter yang mereka sukai, Suro Boyo.
Setelah pada pertengahan tahun lalu, kami berasil menggelar sebuah launching video klip Grammar 3.5 Video klip yang dipadu dengan misi kemanusiaan untuk menyumbang korban gempa Sumatera barat. Sekarang kami mengadakan LOMBA PHOTO MANTAB JAYA untuk memperingati Ulang Tahun SuroBoyo yang Ke 3, Saya menetapkan tanggal 1 april 2007 adalah tanggal lahirnya SuroBoyo. Karena tanggal itu adalah hari pertama kali saya mulai menulis scenario film GRAMMAR. Jangan pikir lomba ini sangat wah berhadiah besar. Memang diposter lomba terpampang tulisan BERHADIAH 500 YUTO*, tapi ada tanda bintang disitu (*duite mbahmu ta jeh/ uangnya kakekmu) yang berarti ada catetan disitu. Catetannya adalah itu bukan hadiah sebenernya. Hadiah sebenarnya hanyalah Kaos Suroboyo, DVD Kompilasi Suro Boyo,stiker, poster, permen, dan onde-onde. Cuek saja dan lomba pun kami gelar. Kami mulai menguplaod poster di facebook dan melihat reaksi mereka. Ada yang hanya tertawa saja dan ada yang biasa-biasa saja. Kami belum yakin selama belum ada yang mendaftar kami belum bisa yakin program ini bekerja.
Kami membuat peraturan untuk peserta lomba ini, caranya sangat mudah:


tinggal foto sekreatif mungkin dengan memakai kaos SUROBOYO tema apapun dan tinggal upload di facebook, kami akan memilih 10 peserta yang masuk kriteria penilaian untuk masuk babak selanjutnya. Kami memang sengaja membuat lomba khusus bagi mereka yang memang benar2 telah menghargai kami . Lomba ini memang khusus untuk orang2 yang telah membeli produk(t-shirt) kami, tidak untuk orang2 yang hanya mendownload gratis di Internet Film-film kami. Ini untuk melihat siapa yang benar-benar mendukung dan menghargai kami. Dan sebaliknya kami ingin menghargai orang-orang tersebut melalui Lomba ini… tentunya semampu kami.
Kami sangat senang ketika kami mendapat kabar dukungan dari BLACKBIRD café melalui joseph sudiro Bassis VOX sekaligus salah satu pemilik Blackbird. Joseph menambahkan hadiahnya berupa voucher 50 ribu untuk masing2 pemenang. Meski nilainya dalam bentuk voucher kami sangat senang menerimanya, bagi kami niat dukungan itu yang terpenting. Terlebih lagi kami akhirnya memiliki tepat untuk berkumpul dengan para pemenang di blackbird café.
Kami menentukan detlent pendaftaran 10 hari dan Alhamdulillah kami mendapatkan 27 peserta lomba foto.

10 FINALIST


Setelah terkumpul kami memilih 10 finalist untuk masuk babak selanjutnya. Banyak foto yang tdak masuk criteria kami karena terjebak foto narsis. Padahal keinginan kami simple. Ini adalah moment Suro Boyo, maka berfotolah yang bertema Suroboyo.
Vinka bertugas menelpon semua finalis untuk menjelaskan rules babak final, yaitu bahwa pemenang lomba ini diambil dari foto yang mendapatkan dukungan dari teman2 di FB, kami akan mengambil 3 besar foto yang memiliki jumlah “LIKE” terbanyak.
Saya tidak pernah menyangka mereka para finalis begitu serius dengan lomba ini. Dihari pertama saja mereka telah menumpulkan banyak LIKE, saat itu tertinggi adalah 77 LIKE. Waw nilai yang cukup tinggi dalam sehari padahal durasi lomba adalah 7 hari.
Saya tidak bisa membayangkan bagaimana caranya mereka mendapatkan like sebanyak itu, saya sendiri tidak yakin bisa melakukan seperti mereka. Saya menghargai apa yang telah mereka lakukan. Saya merasa hadiah lomba ini tidak cukup mengganti perjuangan para peserta. Saya pun mengusulkan untuk mempercepat durasi lomba menjadi 3 hari saja. Namun rupanya mereka sangat bersemangat dan lomba tetap dilakukan selama 7 hari.
Setiap pagi dan sore saya mengupdate info perolehan like para peserta melalui status Facebook saya. Seru sekali memang nilainya terus saling mengejar dan saya semakin yakin butuh perjuangan dan strateg extra untuk menang. Setiap hari posisi mereka selalu berubah. Hingga di akhir lomba yaitu senin jam 06:00 pagi. Kami mengumumkan pemenangnya. Nilai score mereka cukup fantastis, Icha Kediri 170 LIKE, Evi Jakarta 139 LIKE dan Yuyun Surabaya 137 LIKE. Benar-benar diluar bayangan kami.









BLACKBIRD COFFEE and PANCAKES, Jl. Imam Bonjol 125 Surabaya
Sesuai rencana kami mengundang para pemenang untuk menikmat kopi dan pancakes di blackbird. Tujuan kami memang agar kami dekat dengan mereka terutama pemenang.
Di Blackbird kami ngobrol banyak mulai dari grammar suroboyo dan bagaimana usaha mereka dalam mendapatkan LIKE sebanyak itu.









TERIMA KASIH, Kami sangat senang karena mereka benar-benar mendukung pergerakan kami . BERSEMANGAATTTT!!!

No comments: